SKETCHES MAKING – THE VANISHING SKILL OF MODERN GEOLOGISTS

385594_231285816999299_326332881_n
Setiap tahun, AAPG menganugerahkan penghargaannya yang paling bergengsi, Sidney Powers Memorial Award, yang diberikan bagi insan yang telah memberikan kontribusi besar sepanjang hidupnya kepada dunia perminyakan global. Tahun ini, yang menerimanya adalah Koenraad Johan Weber. Yang menarik tentang Weber, selain dikenal sebagai geologist dan engineer yang berdedikasi, juga diketahui sebagai seorang sketch-artist.

Geologi, ilmu yang sangat mengandalkan observasi visual, sangat menghargai presentasi data dalam bentuk visual pula, tentunya dalam berbagai skala, dari skala regional, lapangan, hingga sayatan mikroskopis. Peta, penampang, diagram, gambar, dan sketsa, semuanya merupakan cara-cara presentasi data geologi secara visual.
Membuat sketsa, yang dahulu sangat diandalkan untuk menyampaikan informasi geologi dalam suatu hasil observasi, kini hampir menjadi salah satu keahlian geologiwan yang semakin menghilang. Sungguh sayang, memang. Dengan membuat sketsa, seorang geologiwan terus mengasah kemampuan observasi, mengambil dan menonjolkan informasi geologi seraya mengabaikan informasi yang tidak relevan.

Ada baiknya sejenak kita mengambil inspirasi, menikmati dan mengagumi detail permainan garis dan titik dalam beberapa karya Koenraad Weber, yang berada dalam aliran “of a man and an outcrop”.

[first published @facebook on October 8, 2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s